Peneliti Mengungkapkan Kenapa Komodo Hanya Ada di Indonesia

HPK taruh disini

Pernahkah kamu bertanya-tanya, kenapa komodo yang merupakan predator buas ini hanya berada di daerah Nusa Tenggara? Padahal, menurut ahli, dengan kekuatan yang mereka miliki, komodo bisa saja "menjajah" daerah lain.
Tapi, hal itu tak pernah terjadi karena rupanya komodo termasuk kelompok homebody atau bisa juga disebut sebagai anak rumahan. Teori ini diungkapkan oleh sekelompok ahli yang telah mengamati komodo di 4 pulau berbeda selama satu dekade.
Dari hasil penelitian, mereka melihat bahwa komodo tidak pernah meninggalkan tanah kelahirannya sepanjang hidup. Padahal, kalau mereka mau, mereka bisa saja melintas medan berat untuk sampai ke daerah lain.
"Begitu hewan menjajah sebuah pulau, terlepas dari kemampuan luar biasa yang dimiliki, mereka memutuskan untuk cukup (lebih baik tinggal di rumah)," kata pemimpin studi Tim Jessop, profesor ekologi dari Deakins University, Australia.
Tapi, kemudian timbul pertanyaan, kalau komodo tinggal di satu daerah selama beberapa generasi, maka bisa saja terjadi perkawinan sedarah, kelangkaan sumber daya, atau faktor-faktor lain yang mengancam kelangsungan hidup mereka.
Untuk menjawab pertanyaan ini, para ahli kemudian memindahkan 7 komodo dewasa dari asal mereka dan menempatkannya di sebuah daerah sejauh 13,7 mil, namun masih di pulau yang sama. Sementara, ada juga yang dipindahkan ke pulau lain berjarak satu mil.
Hasilnya, komodo mengalami masalah. Mereka tidak dapat kawin dengan penghuni wilayah baru, dan kesulitan berburu mangsa. Jadi, teori ini sejalan dengan tes DNA yang menemukan tanda-tanda perkawinan sedarah pada komodo dan kerentanan akan kekurangan makanan serta bencana alam. Ajaibnya, Kodomo masih bertahan hidup sampai sekarang.
"Mereka (komodo) adalah hewan unik. Komodo remaja memiliki kebiasaan memanjat pohon untuk menghindari kanibalisme dari komodo yang lebih tua. Mereka mungkin terlihat seperti predator tingkat atas yang kejam, tetapi tujuan mereka menjadi makhluk pulau ternyata lebih sederhana dari yang kita kira," ujarnya.
(15/11/18)
close
==[ Klik disini 2X ] [ Close ]==