Digeber di Bandung, Lampu Motor Jokowi Sudah Menyala

HPK taruh disini

Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali naik motor di Bandung siang tadi. Jokowi lagi-lagi mengendarai motor Kawasaki W175 modifikasi. Itu merupakan motor modifikasi milik Jokowi setelah sebelumnya memiliki motor chopper berkelir emas.

Sebelum digeber di Bandung, Jokowi juga sempat Sunmori menggunakan motor tersebut Minggu (4/11/2018) lalu menuju Pasar Anyar. Saat itu, yang agak mencolok, motor-motor yang mengiringi sang Presiden semuanya menyalakan lampu depan, sementara motor custom Jokowi tak terlihat nyala lampu depannya.


Ditunggangi siang tadi di Bandung, motor Jokowi sudah menyala lampunya. Lampu utama motor modifikasi milik Jokowi itu memang berwarna putih karena menggunakan lampu LED.

Berdasarkan data spesifikasi motor modifikasi Jokowi, lampu depannya pakai Daymaker 5.75 inch. Jika dilihat, lampu depan itu memancarkan cahaya putih kebiruan.

Motor modifikasi ini digarap oleh bengkel Katros Garage. Andi Akbar alias Atenx penggawa Katros Garage mengatakan pihaknya sudah memeriksa motor Jokowi dan lampu-lampunya berfungsi dengan baik.


Sementara itu, menyalakan lampu depan di siang hari menjadi kewajiban bagi pengendara motor di Indonesia. Bahkan hal itu diatur oleh Undang-undang No.22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan pasal 107. 

Menyalakan lampu utama pada siang hari cukup berpengaruh pada keselamatan di jalan. Hal itu juga dinilai mengurangi angka kecelakaan jalan. 


"Mata dapat lebih cepat menangkap cahaya yang menyala jika dilihat dari kaca spion, dengan demikian pengemudi bisa cepat aware atau sadar terhadap keberadaan kendaraan lain," tutur Instruktur Rifat Drive Labs Andry Berlianto saat dihubungi detikOto belum lama ini. 

Menurutnya pengguna jalan lain bisa lebih jelas melihat objek ketika motor menyalakan lampu. Dengan begitu kecelakaan bisa dicegah. 

"Antisipasi terhadap potensi kecelakaan bisa langsung dilakukan saat mata melihat objek terang di kaca spion, efek nyala lampu dapat membuat tingkat kontras lebih tinggi dari latar belakang," ungkapnya.
(11/11/18)
Sumber:Detik.com
close
==[ Klik disini 2X ] [ Close ]==