Bangkai Paus Ditemukan di Wakatobi, Isi Perutnya Sampah Plastik

HPK taruh disini

Bangkai paus terdampar di perairan Pulau Kapota, Wakatobi, Sulawesi Tenggara. Yang bikin miris, isi perut bangkai paus itu berupa aneka ragam sampah plastik.

"Taman Nasional Wakatobi SPTN Wilayah I Wangi-Wangi menerima laporan dari Staf WWF SESS adanya bangkai paus yang terdampar di perairan Pulau Kapota, Resort Wangi-Wangi," ujar Kepala Balai Taman Nasional Heri Santoso dalam keterangannya, Senin (19/11/2018).


Tim lalu mengidentifikasi paus sperma itu. Hasilnya, terdapat banyak sampah plastik di perut paus yang sudah jadi bangkai tersebut.

Hari mengatakan personel SPTN (Seksi Pengelolaan Taman Nasional) Wilayah I bersama WWF SESS, tim dosen Akademi Komunitas Perikanan dan Kelautan (AKKP) Wakatobi, dan masyarakat sekitar lalu melakukan peninjauan lapangan pada 19 November 2018 sekitar pukul 08.00 Wita. 

Berdasarkan hasil peninjauan lapangan, jenis paus yang terdampar merupakan paus sperma (Physeter macrocephalus) dengan ukuran panjang kurang-lebih 9,5 meter dan lebar kurang-lebih 4,37 meter. Paus itu dalam keadaan mati dan sudah mulai membusuk.


"Hasil identifikasi isi perut paus yang dilakukan di Kampus AKKP Wakatobi ditemukan sampah plastik," kata Heri. 

(19/11/18)

Sumber
close
==[ Klik disini 2X ] [ Close ]==