Malaysia dan Singapura 'Berebut' Cendol, Bagaimana Tanggapan Orang Indonesia?

HPK taruh disini


 Masyarakat Malaysia bingung karena kabar cendol dari Singapura masuk dalam 50 dessert terbaik dunia. Indonesia beberkan bukti kalau cendol asli Indonesia.

Cendol masuk ke dalam daftar 50 makanan penutup paling enak di dunia. Sayangnya, klaim dari CNN Travel ini menyatakan kalau cendol berasal dari Singapura. 

Kabar ini memicu banyak reaksi dari masyarakat Malaysia dan Indonesia. "Hidangan pencuci mulut dingin ini dapat ditemukan di seluruh Asia Teggara, tetapi dengan tambahan kacang merah, Singapura menciptakan citarasa klasik yang tetap menggoda," tulis Jen Rose Smith, penulis CNN travel.
Malaysia dan Singapura 'Berebut' Cendol, Bagaimana Tanggapan Orang Indonesia?Foto: Istock


Ungkapan Smith ini tampaknya melukai hati masyarakat Malaysia yang juga mengaggap kalau cendol asli Malaysia. 

"CNN, cendol adalah milik Malaysia atau Indonesia dan jelas bukan milik Singapura," tulis pengguna akun twitter @anas_phoenix

"Warga Singapura berbondong-bondong ke Melaka untuk makan - termasuk makan cendol - setiap akhir pekan," kata pengguna Twitter lainnya.

"Kami berdua punya hak untuk cendol. Tapi siapa yang membuat cendol lebih baik. Ayo. Aku menantangmu!" kata netizen lainnya.

Sementara masyarakat Singapura membalas cuitan ini. "Bahkan aku orang Singapura, aku akan tetap memiliki harga diri untuk tidak mengklaim cendol sebagai milik kami," bunyi cuitan Giri Dev Nair.
Malaysia dan Singapura 'Berebut' Cendol, Bagaimana Tanggapan Orang Indonesia?Foto: Istock

Tak hanya diramaikan netizen Malaysia dan Singapura saja, Indonesia sebagai yang empunya makanan penutup ini turut buka suara. 

Dikabarkan The Star (5/12) perang perebutan makanan antara Malaysia dan Singapura mungkin saja akan kalah setelah mengetahui fakta soal cendol Indonesia. Pakar kuliner Indonesia William Wongso mengatakan, "Cendol tidak hanya tersedia di Indonesia, Singapura dan Malaysia tetapi juga di negara-negara Asia Tenggara lainnya, termasuk Vietnam dan Thailand," kata William Wongso kepada Jakarta Post.

Netizen juga melemparkan komentar bernada sarkas. "CNN yang terhormat, jika cendol berasal dari Singapura, maka pasta berasal dari Belgia, Tom Yam dari Vietnam dan dim sum dari India," celoteh pemilik twitter @sidlatif.

William Wongso juga menjelaskan jika Malaysia, Singapura dan Indonesia memiliki ciri khas cendol yang berbeda. 

Baca juga : Segar Gurih! Ketika Cendol Menyatu dengan Sambal Pecel

"Jika Anda melihat cendol versi Singapura atau Malaysia, Anda akan menemukan semangkuk dessert berwarna-warni, yang terdiri dari jelly hijau seperti cacing, kacang merah manis, dan kadang-kadang ada jagung manis yang disajikan dengan gula aren dan santan," jelasnya.

Namun cendol Indonesia kurang berwarna karena hanya terdiri dari cendol hijau, santan dan gula aren.
Malaysia dan Singapura 'Berebut' Cendol, Bagaimana Tanggapan Orang Indonesia?Foto: Istock

"Di Indonesia, cendol, juga dikenal sebagai dawet di Jawa, hidangan ini hanya mengacu pada pandan jeli (cendol) yang disajikan dalam santan," katanya. Ia juga mengatakan kalau beberapa orang kadang menambah daun pandan atau nangka untuk menambah aroma.

"Di Singapura, cendol dicampur dengan bahan lainnya, seperti es campur," tambah William.

Pria ramah ini juga mengatakan kalau Indonesia punya banyak varian cendol sesuai dengan daerah asalnya. "Ada cendol Banjarnegara, es cendol Elizabeth dari Bandung dan bahkan cendol ireng (cendol warna hitam)," jelasnya.


Simak Juga 'Resep Puding Cendol Gula Merah':





(05/12/18)

close
==[ Klik disini 2X ] [ Close ]==